Minggu, 16 November 2014

Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah salah satu pantai di Indonesia yang memiliki keunikan yang mungkin hanya sebagian kecil pantai di Indonesia yang memilikinya yaitu memiliki air terjun setinggi 10 meter yang langsung menghadap ke samudera. Seperti pantai di sekitarnya Pantai Jogan juga memiliki pasir putih udara sejuk dan di kelilingi bukit kapur yang megah. Diapit tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur, Pantai Jogan bak peraduan, area air sungai turun gunung menjumpai ombak yang pulang melaut. Dari beberapa puluh pantai yang berada sekitar 71 km di pesisir gunung kidul, pantai Jogan menempati posisi istimewa, dikarenakan keberadaan air terjun yang segera jatuh dari atas tebing ke bibir laut.

Nama Jogan diambil dari nama pantai dimana air terjun ini berada.  Adapun pantai ini ada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Siung atau di sebelah timur Pantai Timang. Selama ini, tidak banyak pelancong yang tahu perihal pantai jogan. Karena lokasinya yang persis ada di sebelah barat pantai siung kerap terlupa oleh beberapa pemanjat yang dipacu motivasi memeluk moleknya tebing siung. Pantai Jogan berada di desa purwodadi kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta yang jaraknya cukup jauh dari kota Yogyakarta namun sebanding dengan keindahan yang disajikan. Datang ke Pantai Jogan sebaiknya dilakukan di musim hujan. Pada musim ini, debit air akan tersedia cukup besar sehingga air terjun yang menghiasi Pantai Jogan pun tampil maksimal. Jangan datang ketika kemarau, karena saat air kali kecil di sekitar pantai ini kering, otomatis air terjun akan mati dan keindahan Jogan akan banyak berkurang ditambah dengan kegiatan penyedotan airnya untuk kepentingan warga. Mata air tersebut berasal dari gunung karst yang barada di sebelah utara.

Untuk mencapai Pantai Jogan, perlu waktu sekitar dua jam berkendara dari Jogja. Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst yang merupakan sisa lautan jutaan tahun silam. Bila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat, karena sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan. Menggantikan aspal mulus, jalan setapak menjadi pemandu selanjutnya, mengantar Anda dengan didampingi dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu lalu menjelma menjadi air terjun. Sayang sekali, keelokannya hanya bisa disaksikan saat musim penghujan, sementara di musim kemarau debit air sangat kecil ditambah dengan aktivitas penyedotan airnya demi keperluan warga.

Untuk bisa menikmati guyuran air dari atas tebing di Pantai Jogan, kita harus turun ke bawah. Ada dua cara untuk turun, pertama dengan tehnik canyoning alias rappeling di air terjun. Tentu diperlukan peralatan dan kemampuan mumpuni untuk melakukannya. Kedua, menapaki turunan licin yang basah. Untunglah tersedia kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh. Meski begitu, kehati-hatian adalah hal wajib karena jalur yang curam. Setelah batuan curam nan licin, tersisa satu lagi tantangan, kita masih harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Ini memang bukan koloni kepiting merah penghuni Christmas Island (yang dekat Jawa Barat tapi dimiliki Australia. sampailah kita di air terjun.

Pantai Jogan Berjarak sekitar 70 km dari kota Jogja dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan atau 200 m sebelah barat Pantai Siung.  Kondisi jalan menuju Pantai Siung beraspal mulus, Sesampainya di dekat Pantai Jogan kondisi jalan berubah dengan cor blok sekitar 1 km jauhnya.  Dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan empat.
Dari Kota Jogja menuju Wonosari (Jalan Jogja-Wonosari).  Sesampainya di daerah Mulo akan ditemui pertigaan, ambil ke arah kiri munuju pantai.  Ikuti jalan tersebut hingga tiba di daerah Tepus.  Sesampainya di daerah ini akan ditemui papan petunjuk arah menuju Pantai Siung, ambil belokan ke kanan hingga tiba di pertigaan jalan menuju ke Pantai Jogan.  Di pertigaan ini ambil arah ke kanan memasuki jalan yang di semen.
Daerah yang di lewati adalah : Jogja » menuju arah Jalan Wonosari atau Piyungan » Patuk » Sambipitu » Rest Area Hutan Bunder » Gading » terus saja dari Bundaran Siyono » Alun-alun Wonosari » Baleharjo » Jalan Wonosari Semanu » Perempatan setelah Jembatan Jirak Semanu lalu belok kanan » Pasar Semanu ambil lurus ke Selatan » masuk daerah Panggul » ambil jalan Jalan Girisubo Wonosari » Purwodadi » ambil arah Jalan Raya Pantai Siung » Pertigaan sebelum Pantai Siung ke kanan » Pantai Jogan.